7 Alasan Harus Ikut Organisasi Kampus

Organisasi kemahasiswaan memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Baik Anda bergabung sebagai anggota atau memilih untuk memimpin, hanya dengan mengambil bagian dalam kelompok ekstrakurikuler akan meningkatkan pengalaman sekolah Anda.

Memperoleh keterampilan, membuat koneksi, dan memperluas pengetahuan Anda melalui organisasi kampus akan membantu kamu menjadi individu yang lebih berpengetahuan luas dan siap untuk menjalani karir masa depan!

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mengikuti organisasi kampus :

1. Lebih Mengenali Diri Sendiri

Bergabung dengan organisasi siswa memberikan banyak kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang diri sendiri, tujuan, dan kekuatan diri. Kamu dapat belajar dari bagaimana siswa lain menangani situasi tertentu dan menguji pengetahuan kamu saat ini. 

Kamu juga dapat mengetahui keahlian yang sebenarnya kamu miliki, apakah itu multitasking, statis, menghasilkan ide, atau melayani orang lain. Kesadaran diri ini akan bermanfaat dalam karir masa depan Anda.

2. Mengembangkan Soft Skill

Soft skill pada dasarnya adalah keterampilan yang memungkinkan kita berinteraksi secara efektif dengan orang lain, seperti komunikasi, sikap, dan etos kerja. Berpartisipasi dalam organisasi tidak hanya mengajarkan keterampilan ini, tetapi juga membantu memperluas dan meningkatkan keterampilan yang sudah kamu miliki. Kamu akan mempelajari cara terbaik untuk berkomunikasi dengan individu dan kelompok besar, dan kamu akan memperoleh kecerdasan emosional (EQ) saat mengembangkan hubungan baru.

3. Belajar Bagaimana Bekerja dengan Tim

Mengetahui cara bekerja dengan baik dengan tim adalah keterampilan penting untuk karier apa pun. Berada di organisasi kampus mengajarkan ini dengan menempatkan Anda dalam situasi di mana Anda diminta untuk menerima nasihat dari orang lain, serta memberikan nasihat Anda sendiri.

Untuk kamu pembuat event di organisasi, kamu juga bisa buat, atur, atau promosi event kampus yang kamu adakan di Kampus.  Bergabung dengan organisasi siswa membantu membangun jaringan Anda & dapat memberikan keterampilan berharga.

4. Menambah Relasi

Manfaat besar lainnya dari organisasi siswa (dan program pascasarjana secara keseluruhan) adalah Anda mendapatkan kesempatan untuk membangun jaringan. Bertemu siswa baru, membuat koneksi, dan membangun hubungan semuanya akan membantu saat Anda mencari pekerjaan. Karena Anda semua adalah bagian dari organisasi yang sama, Anda tahu orang-orang yang Anda temui memiliki setidaknya beberapa minat yang sama dengan Anda, sehingga koneksi mereka akan berharga. Corbett berkata:

5. Pengalaman secara Praktikal

Berpartisipasi dalam klub atau organisasi yang berbasis di sekitar bidang studi Anda akan memberi Anda pengalaman praktis dalam bidang itu. Dan yang hebat tentang klub siswa adalah saat Anda belajar menggunakan keterampilan seperti manajemen proyek, perencanaan acara, dan penggalangan dana, Anda dapat mengujinya di lingkungan yang aman di mana membuat kesalahan itu OK. Semua orang ada untuk mendukung Anda, jadi tidak ada rasa takut untuk membuat kesalahan atau kesalahan.

6. Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan

Menjadi pemimpin atau pejabat dalam suatu organisasi akan membantu Anda mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang akan sangat berharga di semua bidang kehidupan. Anda akan diberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, dan mendapatkan kepercayaan diri sebagai individu. Corbett mengatakan ini adalah salah satu dari dua manfaat terbesar yang ditawarkan organisasi mahasiswa:

7. Menambah Pengalaman Organisasi di Curriculum Vitae (CV)

Tidak dapat disangkal bahwa organisasi dan aktivitas terlihat bagus di CV. Menunjukkan kepada atasan bahwa kamu berpartisipasi, atau memimpin organisasi kampus, mereka akan tahu bahwa kamu bekerja keras dan dapat menangani banyak tanggung jawab.

Kampus UPH sendiri menyediakan platform event kampus untuk kalian yang akan mengadakan acara dan mendorong beberapa audiens untuk terlibat hanya dengan satu aplikasi. Perbanyak relasi dan pengalaman dari organisasi kampus!

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco