Bagaimana Membuat Contoh Proposal Usaha Makanan yang Baik dan Menarik

Mendirikan usaha sendiri yang membutuhkan bantuan modal, Anda sudah pasti membutuhkan sebuah proposal usaha. Misalnya Anda ingin membuat usaha makanan atau di bidang kuliner secara umum, maka Anda harus membuat proposal usaha kuliner.

Proposal sendiri merupakan sebuah media tertulis, dimana isinya menjelaskan tentang bisnis, sebagai panduan untuk menjalankan serta mengembangkan bisnis Anda, dan dibuat secara sistematis. Banyak mempelajari berbagai contoh jenis proposal usaha akan membantu mengembangkan bisnis. Misalnya contoh proposal usaha makanan yang saat ini sedang banyak diminati.

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Proposal usaha atau proposal bisnis berfungsi sebagai panduan bagi Anda untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis. Sebagai sebuah kerangka bisnis, di dalam proposal ini pasti tercantum berbagai informasi mendasar dan penting tentang bisnis tersebut. Kerangka dan detail bisnis yang ditulis di dalam proposal ini juga berdasarkan jenis usahanya, misalnya usaha kuliner atau makanan, maka detailnya juga tentang usaha tersebut.

Nah, jika Anda ingin membuat usaha makanan, Anda pun harus menyiapkan proposal usaha makanan sebagai panduan untuk usaha Anda. Sebelum Anda membuat sendiri proposal usaha makanan, ada baiknya Anda mempelajari tentang bagaimana cara membuat dan contoh proposal usaha makanan yang baik dan menarik. Saat membuat proposal usaha makanan, pastikan komponen-komponen berikut ada di dalamnya.

  • Pendahuluan

Komponen atau bagian paling awal dari sebuah proposal kewirausahaan makanan adalah pendahuluan. Pada bagian ini jelaskan tentang bisnis Anda, seperti latar belakang, gambaran keunggulan usaha tersebut hingga prospeknya di masa yang akan datang. Gambarkan juga visi misi usaha, tantangan yang mungkin akan dihadapi di masa depan serta cara mengatasinya secara singkat.

  • Profil Usaha

Profil usaha adalah bagian yang tidak boleh dilewatkan saat membuat proposal usaha. Tuliskan secara jelas profil usaha Anda. Bahkan dalam beberapa contoh proposal usaha makanan dibuat semenarik mungkin. Semakin menarik profil yang Anda buat, maka semakin tertarik pula para investor pada proposal usaha Anda. Di dalam bagian ini juga termasuk lokasi usaha Anda berada.

  • Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap bisnis yang dijalankan pasti memiliki sebuah sistem agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Jika sudah level perusahaan menengah atau besar, akan ada struktur organisasi perusahaan yang harus Anda cantumkan di dalam proposal tersebut. Kalaupun tidak ada struktur perusahaan resmi, Anda bisa menempatkan struktur utama dan sistem yang berlaku pada usaha tersebut.

  • Produk yang Ditawarkan

Komponen atau bagian paling penting yang harus ada di dalam sebuah proposal usaha adalah produk apa yang Anda tawarkan. Di dalamnya juga termasuk jenis produk, bahan dasar atau bahan baku, proses pembuatan, spesifikasi, keunggulannya dibandingkan dengan produk lain yang serupa dan lain sebagainya.

Karena Anda akan membuat usaha makanan, maka bisa ditambahkan variasi rasa, pengemasan dan lain sebagainya. Tak sedikit contoh proposal usaha makanan yang membuat bagian ini dengan konsep yang unik untuk membuatnya tampak lebih menarik.

  • Target Pasar yang Akan Dituju

Setelah produk, bagian selanjutnya yang harus ada di dalam proposal usaha makanan adalah target pasar. Ini karena setiap produk pasti memiliki target pasar yang berbeda. Bahkan untuk jenis produk yang sama saja, target pasarnya bisa berbeda. Mulai dari target usia, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan dan lain sebagainya adalah komponen-komponen untuk menentukan target pasar.

Dalam contoh proposal usaha makanan lengkap, target umumnya ditulis secara spesifik. Dengan begitu, pembuatan produk akan mengikuti variasi rasa, ingredients hingga pengemasan akan disesuaikan dengan target pasar tersebut. Hal ini akan membantu sebuah usaha untuk lebih fokus.

  • Strategi Pemasaran

Sebagai sebuah rencana usaha, pastikan Anda juga memasukkan strategi pemasaran di dalam contoh proposal usaha makanan yang Anda buat. Di bagian ini juga harus dijelaskan secara rinci strategi pemasaran apa yang digunakan untuk menjual produk tersebut.

Strategi pemasaran tersebut pun harus disesuaikan dengan produk dan target pasarnya. Inilah mengapa bagian-bagian yang sudah disebutkan sebelumnya harus disertakan karena akan saling mempengaruhi satu sama lain.

  • Laporan Keuangan

Bagian selanjutnya adalah laporan keuangan, yang mana termasuk alokasi dana, penghitungan laba dan perhitungan bagi hasil jika dibutuhkan. Pada beberapa contoh proposal kerjasama usaha kuliner, bagian ini tidak tidak disertakan secara mendetail untuk membuat proposal menjadi lebih efektif.

  • Gunakan Analisa Strength, Weakness, Opportunity dan Threat

Analisa ini adalah bagian yang dewasa ini dimasukkan dalam contoh proposal usaha makanan dan proposal usaha lainnya. Analisa ini akan sangat dibutuhkan untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan resiko atau ancaman yang bisa terjadi. Dengan begitu Anda bisa membuat perencanaan bisnis yang lebih terencana.

Referensi: https://belajardm.com/contoh-proposal-usaha-makanan/

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco