Beberapa Alasan Utama Mengapa Kami Memilih Homeschooling

homeschooling surabaya

Hampir setiap orang tua yang mengikuti perkembangan informasi tahu bahwa ada kekurangan dalam sistem pendidikan publik kita. Terlalu sering mereka menggunakan daftar keluhan itu untuk membenarkan program homeschooling untuk putra-putri mereka, seolah-olah homeschooling hanyalah pilihan terakhir, pilihan yang dibuat sebagai opsi terakhir.

Faktanya, homeschooling bisa menjadi sesuatu yang positif dalam kehidupan keluarga Anda, apa pun yang terjadi pada sistem pendidikan publik. Ada banyak keuntungan homeschooling yang tidak cukup sering dibahas, tetapi menjadikannya pilihan yang tepat untuk pendidikan anak Anda. Untuk itu, berikut beberapa alasan utama mengapa homeschooling baik untuk pendidikan anak anda.

1. Kami Memiliki Lebih Banyak Kesenangan
Saat Anda mendidik anak di rumah, Anda bisa belajar dan bermain dengan anak-anak Anda. Anda melakukan semua karyawisata bersama mereka, Anda membaca buku yang sama, dan Anda dapat melakukan proyek seni menyenangkan yang sama. Tingkat keterlibatan ini jauh lebih menarik bagi orang tua dan anak-anak, dan ini benar-benar mempercepat proses pembelajaran.

2. Kami Lebih Dekat sebagai Keluarga
Ketika Anda mengembangkan lingkaran kepercayaan, dorongan, rasa ingin tahu, dan kreativitas di kelas rumah Anda, anak-anak Anda akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi remaja pemberontak dan pemarah, stereotip anak remaja yang sering Anda dengar sepanjang waktu. Pemberontakan yang dipenuhi amarah itu sering kali merupakan produk dari sistem pendidikan yang represif yang menghilangkan pemikiran kreatif dan keingintahuan, dan membuat anak-anak merasa frustrasi dan tidak berdaya. Banyak orang tua dari remaja homeschool melaporkan bahwa anak-anak mereka tumbuh menjadi dewasa muda yang mandiri dan bertanggung jawab tanpa pemberontakan yang sembrono yang muncul di antara mereka. Hasilnya, keluarga mereka menikmati hubungan yang dekat, penuh kasih, dan suportif.

3. Anda Belajar Sebanyak Anak Anda
Kebanyakan dari kita sudah cukup lama sejak terakhir mempelajari suatu mata pelajaran di Sekolah. Homeschooling adalah cara yang bagus untuk mengeksplorasi subjek bersama anak-anak Anda. Daripada pendekatan pembelajaran melalui menghafal, homeschooling memberi Anda kesempatan untuk belajar tentang inti dari suatu mata pelajaran, untuk mendiskusikan aspek yang paling menarik darinya, dan untuk mengeksplorasi kegunaan praktisnya. Ini adalah pendidikan yang jauh lebih efektif daripada menghafal tanggal-tanggal penting dan rumus-rumus matematika, baik untuk Anda dan juga anak-anak Anda.

homeschooling surabaya
4. Anak-anak Menikmatinya
Homeschooling memberi anak banyak kebebasan dalam penjadwalan, kebebasan untuk mengeksplorasi mata pelajaran yang mereka suka, dan kebebasan untuk belajar dan bekerja dengan gaya mereka sendiri. Tidak mengherankan, anak-anak sangat menikmati tingkat kebebasan ini, dan sebagian besar tidak akan menukarnya dengan pengalaman sekolah umum untuk alasan apa pun.

5. Anak Belajar Berperilaku sebagai Individu yang Bertanggung Jawab
Homeschooling mengajarkan anak-anak bagaimana berperilaku seperti manusia utuh, terutama dengan orang dewasa. Sementara pada anak-anak di sekolah umum, satu-satunya interaksi yang mereka miliki dengan orang dewasa adalah menerima perintah tanpa henti dari figur otoritas. Hal ini sering kali menyebabkan rasa malu yang berlebihan atau tindakan-tindakan pemberontakan yang tidak pantas. Anak-anak homeschooling yang berada di komunitas publik memiliki perspektif orang dewasa yang sangat berbeda, dan mampu belajar bagaimana berperilaku seperti orang yang berakal sehat di depan umum. Ini adalah bentuk sosialisasi yang berharga, yang tidak diterima oleh anak-anak yang belajar di sekolah pada umumnya.

6. Gairah dan Minat Unik Anak-Anak Didorong
Anak-anak memiliki kepribadian yang sangat unik dan bersemangat, dan mereka sering kali memiliki bidang atau subjek tertentu yang sangat menarik dan memotivasi mereka. Anak Anda mungkin tertarik dengan seni surealis, misalnya, desain video game, atau buku komik. Dalam lingkungan sekolah umum, minat tersebut sebagian besar akan dikecilkan oleh para guru, dan dikesampingkan demi kurikulum inti. Namun, dalam lingkungan homeschool, Anda memiliki kebebasan untuk mendorong minat mereka, dan menggunakan hasrat tersebut untuk mengajar sejumlah mata pelajaran lain. Anak-anak belajar dan tumbuh dengan sangat baik ketika kekuatan individu mereka diakui dan didorong.

7. Kami Bertemu Banyak Orang Menarik dan Menginspirasi
Umumnya anak-anak homeschooling dilatih untuk masuk dalam lingkungan tertentu dan belajar dari para profesional pada bidang tersebut serta guru dari berbagai mata pelajaran. Ini adalah hal yang sangat positif untuk dilakukan, karena ini memperkenalkan anak-anak Anda kepada orang dewasa yang sukses, yang bekerja di bidang mereka masing-masing karena mereka memiliki passion disana. Ingat, dalam lingkungan sekolah umum, anak Anda biasanya hanya akan berinteraksi dengan gurunya, yang mungkin sudah sangat terbebani dan kelelahan. Melihat orang-orang yang sukses memberi anak-anak homeschooling perspektif yang sangat berbeda tentang apa itu kedewasaan, dan memberikan beberapa pendidikan yang sangat berharga.

8. Kami Memiliki Banyak Fleksibilitas dalam Jadwal Kami
Homeschooling memberi Anda dan keluarga banyak kebebasan untuk merancang jadwal Anda sendiri, dan menyesuaikan pembelajaran anak Anda dengan bagian penting lain dalam hidup Anda, seperti berlibur bersama keluarga. Dengan homeschooling, Anda tidak perlu menyeret anak Anda keluar dari tempat tidur saat hari masih gelap hanya untuk naik bus tepat waktu, dan Anda dapat mengatur jadwal setahun Anda untuk mengakomodasi perjalanan keluarga besar yang Anda impikan.

9. Homeschooling Mendorong Kita Semua untuk Tumbuh
Homeschooling mengajari Anda seperti halnya anak-anak Anda. Anda akan kagum dengan apa yang dapat Anda lakukan saat mulai mengajar. Tak lama kemudian, Anda akan membimbing anak-anak Anda melalui mata pelajaran seperti aljabar dan trigonometri, ketika pada satu titik Anda tidak mengira Anda bisa mengajar mata pelajaran tersebut. Dengan mendorong diri Anda sendiri ke tingkat yang baru, Anda tidak hanya akan membantu anak-anak Anda mempelajari mata pelajaran baru, Anda juga akan mengajar dengan contoh bahwa mereka dapat mencapai apa pun yang mereka pikirkan. Pelajaran apa yang lebih penting?

10. Kami Memperkuat Nilai Keluarga Saat Kami Belajar
Mungkin alasan terpenting untuk menerapkan homeschool adalah mengetahui bahwa anak-anak Anda menerima pendidikan yang sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai Anda. Hal ini tidak mungkin dilakukan di tempat umum, di mana ruang kelas diisi dengan 30 atau 40 anak masing-masing dengan nilai yang berbeda. Homeschooling memungkinkan Anda mengontrol apa yang Anda yakini yang pantas untuk ditanamkan, dan dengan cara yang tepat menurut anda. Ini berarti tingkat kebebasan yang lebih tinggi, tetapi juga berarti tingkat akuntabilitas yang lebih tinggi pula. 

Itulah 10 alasan yang dapat kami ungkapkan, mengapa belajar di rumah bukan hanya sekedar pilihan alternatif, tapi merupakan suatu hal yang tepat dilakukan buat putra-putri anda. Semoga hal ini bisa membuka wawasan anda lebih lagi

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco