Begini Ciri Kipas Angin yang Rusak

Ketika Anda menentukan pilihan untuk sewa kipas air, maka memperhatikan bagaimana kualitas dari produk yang disewa adalah keharusan. Banyaknya penyedia atau pihak jasa yang menawarkan penyewaan, membuat Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Sebab, bukan sebuah ketidakmungkinan jika ada oknum yang sengaja mencari keuntungan pribadi meskipun harus dengan merugikan orang lain.

Itulah mengapa, sebelum Anda melakukan penyewaan perhatikan baik-baik bagaimana kualitas dari produk yang disewa. Seperti ketika akan menyewa kipas blower ini, Anda harus tahu bagaimana cara mengecek dan cara membedakan antara kipas yang masih bagus dan kipas yang ternyata sudah rusak. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini:

Adanya Salah Satu Komponen yang Tidak Berfungsi

Hampir semua orang tahu, bahwa ketika sebuah kipas rusak maka akan ada salah satu komponen yang tidak berfungsi. Sebelum Anda sewa kipas blower, lebih baik untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu bagaimana kondisi dari kipas tersebut. Lebih baik lagi jika Anda melakukan survey terlebih dahulu ke perusahaan penyedia sewa, atau melakukan pengecekan bersama pihak penyedia jasanya sebelum acara berlangsung.

Biasanya hal ketika salah satu komponennya rusak, maka akan dibuktikan dengan beberapa tanda berikut:

  • Baling-baling tidak berputar

Tanda atau ciri pertama yang menunjukan kipas misty yang disewa bermasalah adalah baling-baling kipas yang tidak mau berputar. Tentunya ketika hal ini terjadi, maka kipas tidak akan berfungsi untuk menghembuskan angin. Biasanya kerusakan ini akan terjadi karena adanya masalah pada gear yang memutarkan baling-baling kipas, atau karena kipas yang kotor sehingga pergerakannya terhambat.

  • Embun Tidak Keluar

Ketika Anda sewa kipas blower air, lantas tidak keluar embun atau uap air maka bisa dipastikan bahwa  ada masalah dengan pompaan airnya. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena ada penyumbatan di bagian pipa pompaan. Atau, bisa juga karena mesin pompanya yang mati. Penyebab lainnya karena pipa atau selang pompaan terlipat, sehingga air tidak bisa naik.

  • Adanya Suara yang Tidak Normal

Ciri lain yang menandakan adanya masalah dengan kipas yang disewa adalah muncul suara bising yang keluar dari kipas. Biasanya kebanyakan produk misty fan, tidak akan mengeluarkan suara bising saat dinyalakan. Jika Anda mendengar suara tersebut, misalnya seperti dengungan atau perputaran kipas yang terdengar tidak biasa, maka bisa dipastikan bahwa ada kerusakan pada kipas tersebut. Baik karena ada penyumbatan mesin, atau dinamo dan bagian lainnya yang bermasalah.

  • Kipas Tidak Bisa Bergerak ke Lain Arah

Selain beberapa ciri yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga ciri yang menandakan bahwa kipas angin rusak. Di mana ciri tersebut adalah tidak adanya pergerakan yang dilakukan oleh kipas. Misalnya tidak bergerak ke kanan maupun ke kiri, atau tidak bisa bergerak ke atas maupun ke bawah. Biasanya ketika Anda sewa kipas blower dan terjadi masalah ini, dikarenakan ada kerusakan pada bagian belakang motor. Bisa jadi karena giginya kendor, atau memang kipas yang sudah tua.

Beberapa ciri tersebut, seringkali ditemukan oleh kebanyakan masyarakat ketika menyewa kipas namun ternyata ada kerusakan. Pada dasarnya, semua orang tentu tidak ingin jika harus menyewa barang yang ternyata rusak. Namun, selain beberapa ciri tersebut, tentu masih banyak ciri lainnya ketika kipas rusak. Beberapa lainnya seperti jarak semprot embun yang rendah, speed yang tidak bisa diatur, atau bahkan kipas yang tidak dingin.

Dengan adanya ciri-ciri tersebut, membuat Anda sebaiknya lebih berhati-hati ketika akan sewa kipas blower. Pastikan jika kipas yang Anda sewa aman dan tidak rusak. Selain untuk melancarkan acara, pun menghindari kerugian. Pastikan sebelum menyewa, Anda sudah mengeceknya dengan baik dan pastikan bahwa pihak penyedia jasanya memang menyediakan produk yang aman dan berkualitas.

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco