Ciri-ciri Kanker Serviks yang Patut Diwaspadai

Ciri kanker serviks

Siapa bilang kita tidak bisa mengenali kanker serviks sejak awal? Banyak yang mungkin merasakannya ketika sudah memasuki kanker serviks stadium 4 ataupun akhir. Padahal sebenarnya kita sudah bisa merasakannya sejak tahap awal. Kamu bisa menanganinya langsung dengan menjalani pola hidup sehat terutama pada daerah kewanitaan.

Jangan sampai salah kaprah atau bahkan mengabaikan ciri – ciri kanker serviks yang akan membuatmu menyesal suatu hari nanti. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai ciri – ciri kanker serviks yang patut diwaspadai, jika merasakan salah satunya segera konsultasikan ke dokter.

Ciri-ciri kanker serviks

1. Pendarahan pada vagina

Ciri – ciri kanker serviks yang pertama adalah adanya pendarahan pada vagina yang datangnya tidak teratur serta bukan dalam masa menstruasi. Hal ini sangatlah tidak normal dan patut untuk diwaspadai. Meskipun pendarahan ini juga bisa terjadi pada masa menopause, namun lebih baik konsultasikan atau tanyakan langsung pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Ciri kanker serviks

2. Waktu menstruasi terlalu lama

Waktu menstruasi yang normal adalah 3 hingga 7 hari. Namun jika pendarahan menstruasi bisa lebih dari waktu normal, sebaiknya segera hubungi dokter. Hal ini bisa jadi awal atau ciri – ciri kanker serviks yang patut diwaspadai. Jika memang benar adanya, kamu bisa langsung melakukan pengobatan serviks sejak awal. Sehingga hidupmu akan tertolong dan jadi lebih baik.

3. Nyeri di sekitar pinggul

Kamu merasakan nyeri di sekitar pinggul secara tiba – tiba dan tidak ada sebab yang pasti? Sebaiknya kamu lakukan pemeriksaan sedini mungkin dengan pergi ke dokter. Hal ini untuk memastikan memang benar ciri – ciri kanker serviks atau bukan.

4. Rasa sakit dan nyeri setelah berhubungan seksual

Ciri – ciri kanker serviks selanjutnya adalah merasakan sakit atau nyeri setelah berhubungan seksual. Jika kamu merasakannya, apalagi ditambah pendarahan maka segera konsultasi ke dokter. Hal ini sangat berguna untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

5. Keputihan yang tidak normal

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami seorang wanita. Namun hal ini jadi tidak wajar dan patut untuk di waspadai jika jumlah keputihan yang keluar lebih banyak dalam waktu yang cukup lama. Karena bisa jadi itu adalah ciri – ciri kanker serviks. Segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan bahaya atau tidaknya. Sehingga bisa dilakukan pengobatan lebih lanjut.

Demikian ciri – ciri kanker serviks yang patut diwaspadai. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu dan mewaspadai agar tidak semakin mengganas. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang mencari informasi lebih mengenai kanker serviks. Semoga kita dijauhkan dari penyakit – penyakit mematikan seperti ini. Stay healthy!

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco