Gadget: Pengertian, Fungsi dan Jenis

Pengertian Gadget

Gadget ternyata memiliki pengertian yang sangat luas loh, menurut Wikipedia, gadget adalah perangkat atau alat yang biasanya memiliki ukuran yang kecil, memiliki fungsi tertentu dan memiliki kepraktisan dalam penggunaannya.

Selain pengertian diatas, ada juga yang berpendapat pada prinsipnya gadget adalah perangkat elektronik kecil yang bisa dibawa kemanapun.

Karena sifatnya yang “mobile” atau dapat dibawa dan berpindah tempat dengan mudah mengharuskan gadget haruslah ditenagai baterai karena tidak perlu terhubung dengan stop kontak.

Fungsi gadget

Fungsi pada gadget sebagaimana definisinya adalah untuk memudahkan kehidupan manusia sehingga segala hal menjadi lebih praktis dan lebih cepat dan efisien.

Gadget memiliki fungsi untuk menjadikan hidup kita lebih mudah. Contohnya headset membantu kita mendengar musik lebih baik, smartphone membuat akses informasi lebih mudah, dan sebagai hiburan.

Jenis-jenis gadget

Ada beberapa jenis gadget, berikut diantaranya:

1. Handphone

Umumnya saat kita mendengar gadget, bayangan kita pasti tertuju pada handphone atau smartphone. Ya, karena handphone atau smartphone cukup akrab dengan kehidupan kita.

2. Laptop atau komputer

Ini juga merupakan gadget karena sifatnya mempermudah pekerjaan, mudah dipindahkan. Gadget ini dalam keseharian jarang sekali dikenal sebagai gadget karena umumnya orang menganggap gadget pada perangkat tablet dan smartphone.

3. Tablet

Tablet pertama di dunia diluncurkan oleh Apple dengan brand iPad. Ini merupakan smartphone yang berukuran layar yang lebih besar dan kemudian dikenal sebagai tablet.

Ini merupakan inovasi yang membuat pengalaman menonton, bermain game dan bekerja lebih baik.

4. Kamera digital

Gadget ini tidak pernah pudar pamornya meskipun di tengah gempuran smartphone yang memiliki kamera yang semakin canggih.

Meskipun kamera ponsel semakin canggih, namun tidak ada yang mampu menandingi kemampuan kamera digital dalam mengambil gambar.

5. Headset/ headphone

Headphone lebih dahulu ditemukan ketimbang headset, namun belakangan headphone kembali tenar sebagai gadget yang banyak digunakan.

Gadget ini adalah hal wajib yang dimiliki oleh orang-orang pecinta musik. Kini headset wireless atau dikenal sebagai TWS tengah digandrungi.

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco