Inilah Cara Mudah Mengurangi Sampah Plastik Untuk Kelestarian Lingkungan Hidup

Sampah plastik yang dibuang ke dalam tong sampah fiberglass masih menjadi masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Padahal sampah plastik sangat sulit terurai dan akan mencemari lingkungan. Dibutuhkan waktu ratusan tahun sampai sampah plastik akan benar-benar terurai. Oleh karena itu, supaya tidak mencemari lingkungan alangkah baiknya jika mengurangi sampah plastik dengan cara berikut ini:

1. Membawa tas belanja sendiri

Plastik belanja ini benar-benar akan mencemari lingkungan, apalagi plastik diberikan secara gratis. Makanya alangkah lebih baik jika membawa tas belanja sendiri, bisa dicuci dan dipakai ulang.

2. Membawa botol minum sendiri

Botol minum plastik sekali pakai akan menyumbangkan limbah yang besar. Ada baiknya jika membawa botol minum sendiri, bisa diisi kopi, teh, es, atau air putih sesuka hati.

3. Tidak menggunakan sedotan plastik

Sedotan plastik merupakan salah satu jenis sampah yang banyak ditemukan sampai ke laut. Tentu ini akan menjadi limbah yang sulit terurai, ada baiknya jika membawa sedotan sendiri karena saat ini sudah banyak jenis sedotan stainless, kayu yang dijual di pasaran.

4. Mengurangi pemakaian tissue basah

Tissue basah terbuat dari bahan resin plastik sehingga tidak bisa larut dalam air. Sebaiknya kamu menggunakan lap kain atau bisa juga tissue kering yang diberikan sedikit air. Hal ini karena tissue kering lebih mudah larut di air.

5. Stop penggunaan pembalut sekali pakai

Saat ini sudah banyak sekali pembalut celana yang memang difungsikan untuk bisa digunakan beberapa kali. Ada baiknya kita beralih dari pembalut sekali pakai untuk mengurangi limbah.

6. Penggunaan popok

Sama seperti pembalut sekali pakai, popok untuk balita pun pastinya sudah tahu akan berakhir di tempat sampah setiap hari. Maka sama seperti pembalut, ada baiknya beralih menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan lagi.

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah demi kelestarian lingkungan hidup. Mari bersama kita menjaga lingkungan supaya bersih, sehat, dan nyaman dihuni.

About the Author: Gianto Sukoco