Macam-macam Pendidikan Informal

Macam-macam pendidikan informal memiliki peran penting dalam kehidupan karena mempelajari tata cara bagaimana bersikap dan bersosialisasi dengan baik agar dapat diterima di lingkungan baik keluarga atau masyarakat. Hal ini bisa berkaitan dengan sopan santun, dan sebagainya.

Macam-Macam Pendidikan Informal

Jenis ini adalah pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Setiap individu diharuskan mempelajari hal tersebut untuk membentuk kebiasaan, perilaku, sopan santun, watak, atau lainnya. Berikut ini ulasan terkait beberapa macamnya:

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Merupakan wadah pembelajaran untuk bertukar pengalaman dan informasi di Indonesia. Lembaga tersebut didirikan oleh sekelompok orang dengan keahlian tertentu, secara sukarela. Hal ini berdasarkan panggilan hati untuk saling membantu satu sama lain. Orang yang berada di dalam lembaga tersebut secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum sesuai dengan bidang yang mereka alami. Kegiatan tersebut dilakukan atas dasar sukarela tanpa mengharapkan balas budi.

Organisasi Relawan

Hampir sama dengan LSM, namun bedanya yakni lembaga ini menghimpun orang-orang yang memiliki keinginan untuk turut gotong royong memberikan pertolongan di wilayah rawan bencana. Mereka juga tidak mengharapkan timbal balik, melainkan karena dorongan nurani. Macam-macam pendidikan informal tersebut dapat diikuti siapa saja tanpa pandang bulu. Bagi Anda yang memiliki jiwa sosial tinggi akan sangat cocok mengikuti lembaga satu ini, karena selain mendapatkan pengetahuan baru juga bisa memiliki banyak teman.

Taman Pendidikan Al-Qur’an

Taman pendidikan Al-Qur'an atau biasa disingkat TPQ merupakan kelompok lembaga masyarakat atau lembaga yang menyelenggarakan pembelajaran terkait memahami agama Islam, cara membaca kitab Alquran dengan baik dan benar, serta masih banyak lainnya.

Mayoritas orang Indonesia merupakan muslim sehingga lembaga tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pembelajaran terkait ibadah sesuai tuntunan agama. Tempat yang biasa digunakan mulai dari mushola, masjid, perumahan penduduk, atau wilayah khusus.

Macam-macam pendidikan informal merupakan sebagian saja, sebenarnya masih ada banyak lainnya yang tidak kalah penting. Kegiatan dalam bidang ini sebagian besar bergerak pada sosial tanpa mengharapkan balas jasa.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco