Mengenal Apa itu Pallet? Jenis dan Kegunaannya

apa itu Forklift dan fungsinya

Saat mendengar kata Pallet apa yang pertama terlintas di benak anda? Mungkin sebagian akan terbayang alat kosmetik ada sebagian yang terbayang tempat cat yang biasa digunakan pelukis. Namun, tahukah anda jika sebenarnya ada “pallet” lain yang sebenarnya sering terlihat oleh kita namun kita tak pernah tahu jika benda itu bernama pallet? Sekarang coba lihat gambar di bawah ini.

palet kayu dan pallet plastik

Bagaimana sudah mulai ingat atau masih merasa asing dengan benda diatas?. Pallet biasa terlihat di supermarket, pasar atau toko-toko besar. Pallet (palet) adalah sebuah tatakan/alas yang biasa digunakan agar memudahkan dalam proses pemindahan. Bukan cuma membuat produk mudah dipindah, kehadiran pallet juga bisa memudahkan dalam penyusunan stok barang agar terlihat lebih rapi juga.

fungsi dan kegunaan palet

Pallet memiliki tiga bagian penting yakni bagian atas, bawah dan stinger (kaki penopang). Untuk bagian atas dan bawah pallet biasanya terdiri dari beberapa ruas berongga. Sementara itu untuk bagian kaki pallet sendiri biasanya terdiri dari 3-4 batang yang letaknya di sisi kanan kiri serta tengah.

Pallet (palet) adalah sebuah tatakan/alas yang biasa digunakan agar memudahkan dalam proses pemindahan

Jenis Pallet yang ada di Pasaran

Berdasarkan pantauan kami setidaknya ada dua jenis pallet yang dibedakan berdasarkan material pembuatnya yakni kayu dan plastik. Secara kegunaan tak ada beda keduanya namun tentu setiap jenis memiliki keunggulan masing-masing.

Seperti misalnya untuk Pallet kayu yang mana memang paling populer digunakan di Indonesia. Jenis ini memang mudah ditemukan karena melimpahnya bahan baku serta harga yang lebih murah.

Namun, iklim Indonesia yang lembab dan seringnya hujan juga menjadi kelemahan tersendiri karena mudahnya terserang rayap. Harga palet plastik memang jauh lebih mahal namun bisa dibilang jauh lebih tahan lama.

Selain ditinjau dari bahannya pallet juga dibedakan berdasarkan jumlah rongga pada sela kakinya. Adapun yang biasa ditemukan adalah pallet 2 ways alias dua arah dimana, jenis palet ini memungkinkan untuk diangkut dari dua arah yakni depan belakang.

Sementara itu untuk pallet 4 ways memungkinkan untuk diangkat dari keempat sisi sekaligus. Fungsi dari setiap rongga ini adalah agar memudahkan hand pallet atau forklift dalam mengangkut dan memindahkannya.

Kegunaan Palet

Selain untuk memindahkan palet juga bisa berguna sebagai penyimpan dan penahan dari lantai. Sebagaimana yang kita tahu, biasanya ada beberapa bahan yang memang tak boleh bersentuhan secara langsung diatas lantai dalam jangka waktu tertentu.

kegunaan dari palet

Mungkin jika cuma satu dua box bisa diakali, namun jika ada banyak tentu akan sangat merepotkan. Penggunaan palet sebagai alas bisa menjadi solusi saat proses pengangkatan dan pemindahan barang serta menjaga barang tetap aman dari dinginnya lantai.

Alat Bantu

Untuk mempermudah pekerjaan dalam pengangkatan bisa menggunakan beberapa alat seperti misalnya adalah hand palet hidrolik, hand palet elektrik dan forklift untuk skala yang lebih besar.

hand pallet hidrolik dan cara service

Hand pallet adalah sebuah alat pengangkut yang didesain secara khusus untuk memudahkan kita memindahkan barang yang berada di atas pallet. alat ini bekerja dengan memanfaatkan sistem hidrolik dan memiliki dua plat besi yang nantinya akan masuk ke dalam rongga pallet. Setiap jenis hand pallet memang memiliki keunggulan tersendiri namun yang pasti biasanya alat ini bisa mengangkat beban sekitar 1-5 ton.

apa itu Forklift dan fungsinya

Forklift adalah kendaraan berat yang memiliki dua plat besi siku yang berguna untuk mengangkut barang. Secara sederhana ini bisa dibilang sama dengan hand pallet manual namun jauh lebih canggih karena hampir semua sudah dilakukan oleh mesin. Jadi tidak perlu lagi yang namanya memompa dan berjalan untuk mendorong atau menarik lagi.

About the Author: Gianto Sukoco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *