Orang Suka Menolong Pasti Ditolong

Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Para pembaca yang kami banggakan. Perkenankan kami pada halaman ini akan menyajikan materi singkat tentang orang yang suka menolong. Lebih lengkapnya baca uraiannya di bawah ini.

Barang Siapa yang Suka Menolong maka Ia Pasti Ditolong

Kita sebagai umat manusia tentu semuanya punya rasa kemanusiaan, dan sifat ini sudah menjadi naluri kita semua. Kasih sayang terhadap sesama kita itu sudah dengan sendirinya akan muncul dalam pikiran kita masing-masing.

Namun demikian akal sehat kita ini selalu dipepet oleh hawa nafsu yang bersahabat dengan setan. Maka terkadang hilanglah rasa belas kasihan kita karena nafsu angkara murka yang ditemani setan la’natullahi ‘alaihi. Oleh karena itu marilah kita senantiasa berupaya untuk memelihara ruhani kita agar selalu segar, sehat dan tidak mudah dikalahkan oleh hawa nafsu yang dibisiki setan.

Saling Tolong Menolong

Berbuat tolong menolong itu adalah suatu hal yang diperlukan, sebisa mungkin kita ummat manusia agar bisa melaksanakannya. Perbuatan ini adalah perbuatan yang sangat baik. Dan setiap perbuatan baik itu tidak pula akan lepas dari pantauan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebagaimana diterangkan dalam ayat-Nya yang intinya; “Apa pun yang kamu sekalian kerjakan dari kebaikan pasti Allah mengetahuinya”. Demikan itu sesuai dengan yang Allah telah jelaskan dalam firman-Nya pada Al-qur’an surat al-baqarah ayat 215.

Orang yang Suka Menolong Pasti Ditolong Allah

Allah Subhanahuwa Ta’ala pasti senantiasa memperhatikan segala amal baik hamba-Nya. Maka pekerjaan menolong hamba Allah itu sudah pasti Allah lah yang mebalasnya. Sebagaimana yang diterangkan salah satu hadits bahwa; Allah Subhanahu wa Ta’ala itu pasti akan selalu menolong hamba-Nya selagi hamba-Nya tersebut berada di posisi menolong saudaranya.

Dengan demikian, berusaha dan berupayalah kita semua untuk senantiasa menjaga dan memelihara rasa dan perasaan. Artinya kita harus juga ikut merasakan yang dirasakan oleh saudara kita sehingganya akan senantiasa bangkit rasa kita.

Kita harus betul-betul menyadari bahwa segala perbuatan kita itu pasti ada balasannya. Dan semua perilaku kita yang baik maupun yang buruk itu tidak akan pernah lepas dari pengetahuan Allah. Sekecil apapun perbuatan baik kita itu sudah pasti sengat berharga di hadapan Allah T’ala. Demikian juga sebaliknya.

Demikian materi singkat tentang orang suka menolong pasti ditolong, Wallahul Muwaffiq.

Kunjungi : https://www.fiqih.co.id/

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco