Pemula WajibTahu, Berikut 5 Cara Memelihara Ikan Hias dengan Benar

Gambar Ikan

Memelihara ikan menjadi trend akhir akhir ini, hanya saja banyak masyarakat yang belum tahu tentang cara merawat dengan benar.  Beberapa juga  mempunyai anggapan memelihara ikan membutuhkan tempat yang besar. Untuk itu, bagi para pemula anda bisa menyimak beberapa cara memelihara ikan hias dengan benar berikut.

Cara Memelihara Ikan dengan Benar

1. Memperhatikan Akuarium

Akuarium berukuran besar atau kecil bisa digunakan, namun pastikan agar kondisinya selalu bersih dan tidak berlumut. Kondisi akuarium yang akan digunakan sebagai tempat tinggal juga harus dipastikan berfungsi dengan baik dalam menampung air. Jangan mengisi air aquarium secara penuh dan pastikan Ph air tetap stabil.

2. Mengetahui jenis ikan yang tepat

Ukuran akuarium perlu diperhatikan dengan jenis ikan karena mempengaruhi gerak  di dalamnya. Hal ini karena ada jenis ikan yang agresif memang harus dipisahkan dari ikan yang lainnya. Anda juga perlu memperhatikan apakah salah satunya adalah ikan pemangsa. Apabila ikan pemangsa maka tidak boleh digabungkan dengan ikan biasa.

Gambar Ikan

3. Hindari sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari secara langsung ke akuarium akan memicu tumbuhnya alga. Saat alga muncul maka akuarium akan menjadi kotor dan terlihat kehijauan . Kondisi seperti itu membuat kita lebih sering membersihkan akuarium dan tidak baik bagi kesehatan ikan hias di dalamnya.

4. Memperhatikan Pemberian Makan

Tak hanya tempat tinggal, anda juga harus memperhatikan makanan yang masuk. Saat memberikan makanan, sebaiknya berikan yang alami. Porsi makanan yang diberikan juga harus sesuai porsi atau tidak berlebihan. Umumnya  memang diberikan makanan pellet, namun tidak semua ikan bisa makanan tersebut. Mengingat ada pula yang diberikan makanan cacing darah.

5. Air dalam akuarium yang harus diperhatikan

Cara selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah airnya. Pasalnya tidak semuanya memiliki arus air yang sesuai. Penggunaan filter air dalam akuarium berpengaruh terhadap sistem peredaran darah dan pernafasan ikan. Sehingga anda dapat menambahkan aerator dalam akuarium. Aerator berfungsi untuk menambah jumlah oksigen dalam akuarium.

Itulah 5 cara memelihara ikan yang benar yang bisa anda coba di rumah. Memelihara ikan memang susah susah gampang, terutama jenis hias. Dengan memilih jenis yang tepat, cara perawatan yang sembarangan akan membuat anda bisa memelihara ikan jenis hias sampai umur panjang. Kebersihan dari akuarium atau tempat tinggalnya juga perlu diperhatikan.

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco