Pengertian Efisiensi dan Tujuannya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai efisiensi, banyak diantara kita yang belum bisa membedakan antara efisien dan efektif.

Efisien adalah suatu ukuran dalam menentukan keberhasilan yang biasanya dilihat dari cara kerja atau prosesnya. Nah untuk lebih mudah memahaminya langsung saja akan kita bahas sebagai berikut:

Pengertian Efisiensi dan Tujuannya

Apa sih efisiensi dan apa saja tujuan serta manfaatnya? Berikut ini penjelasannya:

Pengertian Efisiensi

Secara umum, efisiensi merupakan suatu bentuk keberhasilan yang biasanya dinilai berdasarkan besarnya cara, sumber daya, atau biaya yang digunakan untuk mencapai suatu keberhasilan tersebut.

Jadi dapat dikatakan efisien apabila untuk mencapai suatu keberhasilan atau sesuatu yang diinginkan itu tidak banyak memakan waktu atau proses yang lama, seperti contoh semakin sedikit sumber daya yang dipakai dalam mencapai suatu keberhasilan maka akan semakin efisien.

Adapun pengertian efisiensi menurut beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menurut S. P. Hasibuan

Efisiensi merupakan suatu perbandingan yang dilihat mana yang terbaik antara input yakni masukannya dan output yakni keuntungan dengan penggunaan sumber daya yang digunakan, dengan kata lain bahwa hasil yang diperoleh sangat optimal dengan penggunaan sumber-sumber yang terbatas tersebut.

2. Menurut Mulyamah

Efisiensi adalah suatu ukuran yang digunakan dalam membandingkan antara rencana penggunaan masukan dan juga pemanfaatan atau pemakaian pendukung yang direalisasikan pada pemanfaatan yang sesungguhnya.

3. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI)

Efisiensi merupakan suatu ketepatan cara untuk dapat melakukan sesuatu sesuai dengan memanfaatkan waktu, biaya, dan juga tenaga yang baik serta tepat.

Tujuan dan Manfaat Efisiensi

Ada banyak sekali tujuan dan manfaat dari efisiensi, yang jika dilakukan atau direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan dalam suatu usaha untuk mencapai sesuatu. Adapun tujuan serta manfaatnya dari efisiensi adalah sebagai berikut:

1. Agar dapat mencapai hasil atau sesuatu yang diinginkan sesuai dengan harapan

2. Untuk menghemat atau mengurangi penggunaan sumber daya yang dimiliki sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia

Baca Juga : https://www.pendidik.co.id/

3. Agar dapat memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada secara maksimal

4. Untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik sehingga dapat maksimal

5. Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian Efisiensi dan Tujuannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco