Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Seperti kebanyakan orang di luar sana, saya cenderung membiarkan percetakan lokal saya menentukan cara dan teknik yang terbaik menyelesaikan cetakan saya. Karena kebetulan saya di Surabaya, jadi percetakan lokal saya biasanya di Famous Printing. Nah cara saya ini kalau diumpamakan seperti saat anda membawa mobil ke bengkel terdekat, dan membiarkan teknisi yang berpengalaman memberikan penilaian tentang kondisi mobil anda. Biasanya penilaian seperti ini lebih menguntungkan buat mekanik daripada dompet anda. Hal yang sama juga berlaku saat anda hendak mencetak di percetakan terdekat di Surabaya.

Hal dasar yang perlu anda tahu saat memutuskan teknik percetakan apa yang akan digunakan oleh percetakan langganan anda adalah teknik digital printing dan offset printing. Kedua teknik mencetak tersebut sangat efektif tergantung dari kebutuhan cetak anda. Jadi saran saya daripada membiarkan percetakan anda memutuskan, akan lebih baik jika anda yang memutuskan apakah akan menggunakan teknik offset atau digital printing.

Teknik yang lebih tua dan lebih umum digunakan dulu adalah offset printing. Teknik pencetakan offset ini ditemukan pada tahun 1875 dan digunakan untuk mencetak di atas logam atau kaleng. Tapi, sejak tahun 1903, Ira Washington Rubel menggunakan teknik ini untuk mencetak di atas kertas. Teknik mencetak di atas kertas dengan teknik offset press ini ternyata sudah digunakan lebih dari 100 tahun lalu dan masih digunakan sampai sekarang

Keuntungan Menggunakan Teknik Offset Printing

  • Hasil cetak konsisten
  • Mencetak cepat dengan plat cetakan
  • Plat cetakan dapat digunakan sampai 1 juta kali
  • Biaya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada banyak keuntungan menggunakan teknik offset. Yang paling utama dan menjadi bahan pertimbangan saat orang memutuskan menggunakan teknik adalah masalah biaya. Teknik offset ini cukup murah untuk menghasilkan hasil cetakan berkualitas tinggi jika mencetak untuk kebutuhan komersial. Ini berarti teknik cetak ini menjadi hemat jika anda mencetak dalam skala besar, yaitu ribuan. Tapi jika anda hendak mencetak dalam jumlah kecil, lebih baik anda memakai teknik digital printing.

Digital printing adalah telah pencetakan terbaru yang diadopsi oleh banyak percetakan di surabaya ataupun di seluruh dunia. Bahkan sekarang ini hampir semua perusahaan percetakan menawarkan digital printing, sementara tidak semua percetakan menawarkan teknik offset. Anda harus tahu ini.

Keuntungan Menggunakan Digital Printing

  • Dapat tetap efektif meskipun hanya cetak 1
  • Mengurangi limbah kimia dan kertas
  • UV dan cairan fuser
  • Waktu penyelesaian yang cepat

Kelebihan utama dari teknik pencetakan ini, adalah kemampuannya untuk mencetak jumlah berapapun, walau hanya 1. Kelebihan ini adalah satu hal yang harus diketahui oleh marketing atau siapapun yang menggunakan kertas sebagai media promosi. Dengan kelebihan ini, anda bisa mencetak item yang berbeda untuk setiap daerah target pasar anda.

Saat memutuskan teknik pencetakan apa yang tepat untuk digunakan, sebaiknya anda tahu hal ini. Jika anda butuh mencetak item yang sama dalam jumlah besar, dan anda tidak terburu waktu, maka teknik offset printing adalah yang terbaik. Tapi jika anda perlu mencetak dalam jumlah kecil sampai sedang, dengan informasi yang berbeda-beda pada material promosi anda, maka saya sarankan memakai digital printing.

Kedua teknik percetakan baik digital maupun offset, sama-sama menguntungkan dengan caranya sendiri. Jadi dengan anda tahu perbedaan keduanya, akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan mau pakai teknik percetakan yang mana.
Buat yang di Surabaya, ada satu lagi rekomendasi percetakan yang saya mau bagi yaitu Harvest Printing.

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco