Taukah Kamu Apa Perbedaan SSD dan HDD ?

HDD

Harddisk (HDD) dan Solid State Drive (SSD) merupakan dua tipe penyimpanan yang digunakan oleh perangkat komputer ataupun laptop saat ini. Kedua media penyimpanan ini memiliki harga yang bervariasi di pasaran, tergantung dari kapasitas penyimpanannya. Apa itu SSD ?

SSD merupakan media penyimpanan berbasis sirkuit, tersusun dari beberapa chip memori tanpa adanya piringan cakram yang saling berinteraksi. Meskipun HDD dan SSD memiliki fungsi yang sama, namun SSD lebih handal dan lebih tahan goncangan ketika dibawa bepergian.

Bingung media penyimpanan apa yang akan kamu gunakan, apakah HDD atau SSD ? Berikut perbedaan SSD dan HDD yang perlu kamu ketahui untuk menentukan media penyimpanan apa yang akan kamu gunakan untuk perangkat komputer atau laptopmu.

HDD

Perbedaan SSD dan HDD       

Cara kerja

  • HDD memanfaatkan perpaduan antara sistem elektrik dan mekanik sebagai komponen penunjang performa, sehingga cara kerja HDD lebih menyerupai Floppy Disc (disket).
  • Sedang SSD lebih mengarah ke sistem full-elektrik sehingga ketika proses penulisan maupun pembacaan data tidak ada part yang bergerak. Cara kerja SSD mirip dengan transfer data yang biasa ditemukan pada USB Flashdisk, RAM, atau microSD.

Kecepatan baca dan tulis data

Dibandingkan dengan HDD, SSD lebih dapat diandalkan dan lebih unggul karena memiliki delapan kali lipat kecepatan baca dan tulis, sehingga banyak pengguna HDD yang beralih ke SSD meskipun harus menyisihkan budget ekstra.

Komponen

  • Komponen HDD berupa motor penggerak serta piringan cakram yang berputar ketika digunakan
  • Sedangkan SSD terdiri microchip yaitu Integrated Circuit (IC), dan beberapa komponen elektronik seperti kapasitor untuk menyimpan arus dan tegangan.

Fragmentasi

Suatu ruang kosong di dalam media penyimpanan yang ditimbulkan akibat adanya penghapusan atau perubahan data, atau yang biasa dikenal dengan istilah Fragmentasi. Di awal proses pengisian file di dalam HDD otomatis akan tersusun rapi dan saling berurutan. Namun seiring berjalannya waktu, kinerja HDD akan semakin menurun sehingga menyebabkan susunan file tersebut menjadi berantakan akibat adanya perubahan. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi SSD, karena seluruh data telah tersimpan di dalam Chip Flash.

Efek yang ditimbulkan

Bagi para pengguna perangkat komputer atau laptop yang menggunakan media penyimpanan HDD tentu sudah tidak asing lagi dengan efek yang ditimbulkan berupa suara berisik dari komponen mekanik. Sedangkan SSD memiliki suara yang lebih lembut, dan karena komponen yang tidak bergerak sehingga tidak cepat panas.

Harga

SSD memiliki banderol harga yang lebih mahal dari pada HDD, karena termasuk sebagai teknologi baru. Bahkan perbedaan harga yang lumayan jauh, dimana HDD dengan kapasitas sebesar 1TB hanya setara dengan harga SSD yang hanya berkapasitas 250GB.

Dibanding HDD, penggunaan SSD lebih direkomendasikan karena dapat menunjang berbagai aktivitas mobile seperti saat ini. dengan menggunakan media penyimpanan SSD, komputer ataupun laptop yang kamu gunakan akan memiliki akses pencarian yang lebih mudah, kecepatan booting yang lebih kencang, dan yang pasti akan terhindar dari potensi kehilangan data yang diakibatkan goncangan, ketika perangkat dibawa bepergian.

Demikian informasi tentang perbedaan SSD dan HDD, semoga bermanfaat ya sob… dan dapatkan info menarik lainnya hanya di blog kangmasian.

You May Also Like

About the Author: Gianto Sukoco